Tuesday, 22 December 2015

FUNGSI POSYANDU

POSYANDU adalah sebuah fasilitas mikro dan bisa dikatakan hampir di sepelekan fungsinya tapi dalam kenyataannya d daerah terpencil atau kategori desa bisa dikategorikan vital, tergantung sebuah wilayah apakah penuh dengan akses fasilitas yang serba ada atau kekurangan, singkat padatnya posyandu diperlukan masyarakat apabila fasilitas kesehatan kurang atau tidak ada di wilayah setempat dan sebaliknya.
Pada terapannya di desa atau wilayah setempat kota atau kabupaten dapat prioritas berbeda sesuai dengan kebijakan, kemajuan, kultur ini yg mempengaruhi fungi posyandu di masyakat.
Kemudian untuk memfungsikan diwilayah kota sering dengan kemajuan wilayahnya posyandu difunsikan  posdaya atas dasar kemajuan dan penunjang masyatakat disekitarnya.
Maka posyandu akan dirasakan fungsinya oleh masyarakat langsung atas pemberdayaan keluarga, perempuan, untuk pembinaan keluarga, wanita, anak bahkan lansia. Mencakup aspek sosial, kesehatan, pangan untuk membangun masyarakat yang sejahtera, sehat dan brriman.

Justru dalam fungsinya posyandu sering kehilangan arah di wilayah traansisi yang mobilitas sosialnya mulai meningkat dan pertumbuhan ekonomi tidak memenuhi aspek rasio pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Dieilayah tipe ini posyandu sering vakum karena masyarakat beranggapan fungsinya itu tidak memenuhi aspek standard pelayanan atau tidak memuaskan. Ikuti terus time line saya untuk dapat informasi terbaru.subscribe ya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments