Skip to main content

Pesawat jatuh di malang

TNI Angkatan udara masih melakukan pencarian juru mesin, Sersan Mayor Syaiful Arief Rakhman, salah-seorang korban pesawat latih TNI-AU yang jatuh di kawasan Blimbing, Malang, Rabu (10/02).

Sampai pukul 16.00 WIB, para petugas dari pangkalan udara TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh masih melakukan penyisiran di sekitar kawasan kota Malang.

"Pencarian juru mesin udara menggunakan helikopter," kata Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh, Mayor Hamdi Londong Alu, kepada wartawan, Rabu siang.

"Sampai sekarang, belum ditemukan jejak Syaiful Arief," katanya, seperti dilaporkan wartawan Eko Widianto untuk BBC Indonesia.

Jasad pilot ditemukan

Pesawat latih TNI AU Super Tucano jatuh di perkampungan padat di jalan Adi Sucipto gang 12, Kelurahan Blimbing, Kota Malang, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (10/020).

evakuasi bangkai pesawat tengah dilakukan secara maraton, karena lokasi jatuhnya di dalam perkampungan padat.

Insiden ini menyebabkan tiga korban tewas, yaitu dua orang warga sipil yaitu Erna Wahyuningtyas, 48 tahun dan Nurcholis, 30 tahun. Mereka diketahui meninggal di dalam reruntuhan rumah yang tertimpa pesawat naas tersebut.

Sementara, pilot Mayor Ivy Safatillah, 37 tahun, yang menerbangkan pesawat tersebut, sudah dipastikan meninggal dunia.

Pilot Mayor Ivy Safatillah ditemukan di areal persawahan Kelurahan Tunjungsekar, Kota Malang.

Dia ditemukan sekitar 10 kilometer dari lokasi pesawat jatuh karena menggunakan kursi pelontar. Sebelumnya warga sekitar hanya menemukan kursi pelontar dan parasut tanpa awak.

Evakuasi bangkai pesawat

Sementara, proses evakuasi bangkai pesawat tengah dilakukan secara maraton, karena lokasi jatuhnya di dalam perkampungan padat.

"Puluhan personil TNI Angkatan Udara membawa berbagai komponen pesawat. Bahkan dikerahkan alat potong logam dan escavator, seperti dilaporkan wartawan Eko Widianto dari Malang.

Image copyrightAFP l GettyImage captionPada 2013 lalu, TNI Angkatan Udara membeli 16 unit Super Tucano senilai USD 143 juta atau Rp1,3 triliun.

Kemudian, potongan logam bekas bangkai pesawat Super Tucano dimasukkan ke dalam truk TNI Angkatan Udara.

Sampai Rabu (10/02) sore, sejumlah personil polisi dan TNI Angkatan Udara masih melakukan penjagaan di lokasi kejadian.

Sedang Test flight

Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh, Hamdi Londong Alu menambahkan, pesawat Super Tucano tengah menjalani test fligt sebelum jatuh.

Dia juga memastikan bahwa pesawat tersebut tengah menjalani perawatan rutin. "Sehingga pesawat juga ditumpangi juru mesin udara," katanya.

Menurut keterangan resmi, Lanud Abdulrachman Saleh skadron 21 diperkuat 12 unit pesawat Super Tucano.

Pesawat produksi pabrikan pesawat Embraer Defense and Security Brazil ini menggantikan OV 10 Bronco buatan Amerika yang beroperasi sejak 1976.

Sejumlah laporan menyebutkan pesawat Super Tucano berkemampuan counter insurgency operation (COIN) dan close air support.

Pesawat ini dapat mengangkut senjata ringan yang berfungsi pesawat serang anti gerilya.

Pada 2010 lalu, TNI Angkatan Udara membeli 16 unit senilai US$ 143 juta atau Rp1,3 triliun dan empat unit diantaranya belum dikirim ke Indonesia.

Pesawat diberi warna dasar loreng abu-abu dengan lukisan moncong atau cocor hiu berwarna merahm yang sesuai sesuai dengan tradisi skadron yang awalnya diperkuat dengan pesawat Mustang P 51.

Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Dasar Pembelajaran Permainan Sepakbola

Prinsip Dasar Pembelajaran Permainan Sepakbola Prinsip dasar pembelajaran permainan sepakbola antara lain: (1) Prinsip dasar menendang  bola,  (2)  Prinsip  dasar  menahan  bola  (trapping),  (3)  Prinsip dasar  menggiring bola (dribbling),  (4)  Prinsip  gerak  tipu, (5)  Prinsip  dasar menyundul  bola  (heading),  (6)  Prinsip  dasar  merebut  bola  (tackling),  (7) Prinsip dasar lemparan ke dalam (throw-in). Teknik permainan sepakbola terdiri dari bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepakbola dituntut untuk menguasai teknik dasar sepakbola. Tanpa penguasaan teknik yang baik, pemain sepakbola tidak mungkin dapat menguasai   atau mengontrol bola dengan baik pula. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepakbola merupakan inti dar…

Menpora Ungkap 4 Syarat sebelum SK Pembekuan PSSI Dicabut

02 Mar 2016 at 18:55 WIB Jakarta
Sejak wacana pencabutan Surat Keputusan (SK) pembekuan PSSI merebak pekan lalu, Pemerintah RI yang diwakili Kemenpora belum mengungkapkan syarat apa saja yang diminta agar pencabutan pembekuanPSSI itu tak sekadar wacana. Selama ini digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI jadi satu-satunya syarat yang muncul ke permukaan. Namun, pada Rapat Kerja (raker) bersama Komisi X DPR RI, di Jakarta, Rabu (2/3/2016), pemerintah yang diwakili Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan syarat tersebut. Ada empat syarat utama yang diminta untuk dilaksanakan sebelum dilakukan pencabutan sanksi administrasi terhadap organisasi sepak bola di Indonesia itu. Yang pertama, pemerintah meminta agar Tim Ad-Hoc PSSI menjamin FIFA menyetujui pembentukan Tim Kecil sesuai hasil komitmen kala perwakilan FIFA bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 2 November 2015. Tim Kecil ini akan mengambil alih fungsi dan tugas yang selama ini diemban Tim Ad-Hoc PSSI, yakni menyelesaikan perso…

Gempa Berpotensi Tsunami, Warga Mentawai Ngungsi ke Perbukitan

PADANG - Gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa yang mengguncang barat daya Kepulauan Mentawai tersebut berpotensi tsunami, warga pun sudah diungsikan.Berdasarkan informasi dari BMKG saat ini warga Mentawai sedang diungsikan ke daerah perbukitan dan warga dalam kondisi panik.
Sejauh ini memang belum ada laporan resmi dari BMKG mengenai tsunami di Mentawai. Namun, jika prediksi tsunami tersebut benar maka bagian yang berpotensi terkena tsunami adalah Mentawali bagian barat.